Sunday, April 20, 2014

Cara Mengatasi Bersin-Bersin Karena Alergi

Bersin-bersin karena alergi bisa disebabkan berbagai zat atau bahan tertentu. Untuk bisa mengatasi bersin-bersin karena alergi, hal pertama yang harus dilakukana adalah mengetahui zat atau bahan apa yang telah menyebabkan Anda bersin-bersin.

Misalnya apakah Anda sering bersin-bersin jika terkena debu, ataukah alergi dengan serbuk sari tanaman, ataukah alergi dengan bulu hewan (bulu kucing atau bulu ayam/burung misalnya), dan lain sebagainya.

Jika anda sendiri belum mengetahui alergen apa yang menyebabkan Anda bersin-bersin, maka akan sulit sekali untuk mengatasinya. Untuk mengetahui alergi secara pasti juga bisa dilakukan dengan cara test alergi pada kulit (skin prick test).

Bersin-Bersin karena alergi biasanya terjadi akibat sistem imun yang bereaksi secara berlebihan terhadap zat tertentu yang dianggap asing atau berbahaya oleh tubuh. Seperti halnya pada saat seseorang terkena flu, maka tubuh akan melepaskan zat kimia yang disebut histamin, pelepasan histamin inilah yang menyebabkan bersin-bersin dan hidung meler/mengeluarkan ingus.

Cara mengatasi bersin karena alergi yang paling umum di sarankan oleh para dokter biasanya yaitu dengan cara penghindaran. Yaitu menghindari alergen pemicu bersin-bersin, misalnya jika Anda alergi dengan debu atau spora jamur, maka hindarilah tempat-tempat yang berdebu dan bersihkan tempat Anda secara berkala.

Dalam dunia medis, bersin-bersin karena alergi ini biasanya disebut dengan gejala rinitis alergi (allergic rhinitis). Rinitis alergi adalah alergi radang selaput hidung, sering disebut juga peradangan pada mukosa hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi tubuh terhadap zat dari luar tubuh (alergen tertentu). Gejala rhinitis alergi yaitu bersin, hidung tersumbat, hidung gatal dan mengeluarkan cairan lendir dari hidung.

Obat-obatan yang umum digunakan untuk mengatasi gejala bersin-bersin akibat rinitis alergi antara lain :

Nasal kortikosteroid
Obat semprot hidung yang mengandung konrikosteroid untuk mencegah dan mengobati peradangan hidung, hidung gatal dan pilek yang disebabkan oleh alergi.

Obat Yang Mengandung Antihistamin
Biasanya berbentuk pil (contohnya loratadin, difenhidramin, cetirizin, dan lain-lain). Obati ini berfungsi meringankan hidung gatal, bersin-bersin dan pilek.

Obat Dekongestan
Obat ini ada yang dalam bentuk tablet, sirup, dan juga semprot hidung. Obat ini berfungsi untuk melegakan hidung tersumbat. Tapi, hati-hati, obat-obatan dekongestan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah (tidak cocok untuk penderita tekanan darah tinggi).

Secara umum itulah obat-obat yang sering digunakan untuk menangani rinitis alergi, walapun masih ada jenis obat yang lain seperti Cromolyn natrium, Leukotriene modifier, Nasal ipratropium, dan lain-lain, namun sebaiknya gunakanlah obat-obatan secara bijak, karena bagaimanapun obat itu bersifat racun jika di konsumsi terus menerus.

Pada dasarnya, rinitis alergi tidak bisa diobati dengan hanya menggunakan obat-obatan saja, tapi juga harus disertai dengan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi serta vitamin.

Jika Anda ingin tahu cara mengatasi bersin-bersin karena alergi secara alami, saya sarankan Anda membaca ebook mengatasi bersin yang bisa Anda peroleh di www.mengatasibersin.com, ebook tersebut merupakan panduan step by step cara mengatasi bersin-bersin secara alami yang telah membantu banyak orang terbebas dari gejala Rinitis.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga berguna.

5 comments:

  1. Saya suka bersin-bersin kalo kena debu, kadang jadi gatal juga, dari gejalanya sih sepertinya saya menderita rhinitis alergi. Thanks buat infonya.

    ReplyDelete
  2. Saya sudah menggunakan obat antihistamin, tapi tetep gak bisa sembuh, sekarang saya mau coba yang alami.
    Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  3. Sy juga suka bersin2 klo masuk ruangan yg banyak debu... klo udah parah sampe hidung meler dan mampet seperti yg kna flu

    ReplyDelete
  4. Kalau saya bersin-bersinnya suka parah pada saat subuh setelah wudu/mandi, ko bisa ya..

    ReplyDelete
  5. Bisa bisa tersiksa akuu kalo setiap pagi malem atau ac kipas hujan .. Sengsara

    ReplyDelete