Monday, April 28, 2014

Bersin-Bersin Karena Alergi Dingin

Bersin-bersin karena alergi dingin merupakan gejala yang cukup banyak dialami oleh orang-orang akhir-akhir ini. Sebetulnya, gejala sering bersin-bersin karena di picu oleh suhu dingin ini bukanlah gejala alergi. Karena gejala umum dari “alergi dingin” biasanya bukanlah bersin-bersin malainkan gatal dan merah pada kulit, istilah medisnya yaitu “Cold Urticaria”. Dengan kata lain, penyakit alergi dingin adalah penyakit lain dan gejalanya juga lain.

Lalu apa penyebab bersin-bersin ketika terkena suhu dingin? Jika Anda sering bersin-bersin jika terpapar oleh suhu dingin, terutama sering terjadi pada pagi hari atau pada malam hari, kemungkinan besar Anda menderita gejala Rhinitis jenis Non-Allergic Rhinitis yang disebut Rhinitis Vasomotor.

Rhinitis vasomotor ini gejalanya seperti rhinitis alergi (Allergic Rhinitis: Peragangan hidung yang disebabkan reaksi alergi), yaitu suka bersin-bersin berkali-kali, hidung mampet/tersumbat, dan hidung mengeluarkan cairan/lendir. Rhinitis vasomotor pada umumnya sering dipicu oleh suhu dingin, perubahan cuaca, perubahan temperatur, dan perubahan kelembaban udara.

Selain itu gejalanya juga bisa di picu oleh asap rokok, polusi udara, bau/wangi yang menyengat, parfum, kosmetik tertentu, sabun tertentu, minuman/makanan beralkohol dan faktor keadaan emosi.

Zat-zat atau material-material tersebut bukan termasuk alergen pemicu alergi, karena tidak menyebabkan pembentukan antibodi dan tidak menghasilkan reaksi positif pada saat dilakukan tes alergi di kulit (skin prick test). Namun kadang-kadang, satu atau dua reaksi positif alergi juga bisa muncul pada kulit, tapi hal tersebut tidaklah relevan/signifikan, serta tidak berhubungan dengan riwayat alergi orang tersebut.

Penyebab dari rhinitis vasomotor ini tidak terlalu bisa dimengerti, karena kondisinya hanya terjadi pada orang-orang tertentu saja. Misalnya jika Anda sering bersin-bersin karena dingin di pagi hari, sedangkan keluarga Anda yang lain keadaannya normal-normal saja dan tidak bersin-bersin seperti Anda saat pagi hari. Contoh lainnya yaitu saat diruangan ber-AC, kemudian Anda mengalami bersin-bersin, sedangkan orang lain di ruangan tersebut normal-normal saja.

Selain itu, penderita rhinitis vasomotor biasanya tidak memiliki riwayat alergi pada keluarganya, sehingga cukup sulit untuk di diagnosa dan cukup sulit untuk di obati. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang mengalami gejala bersin-bersin saat terkena suhu dingin ini hingga bertahun-tahun dan dianggap flu menahun, parahal bukan karena flu.

Seperti halnya pada penyakit rhinitis alergi, rhinitis vasomotor ini belum ada obatnya yang bisa menyembuhkan hingga 100%. Adapun obat-obatan yang biasanya disarankan oleh dokter adalah obat-obatan Antihistamin, obat Decongestan, dan obat semprot hidung tertentu yang membantu menghambat atau mengurangi gejala yang muncul.

Namun banyak sekali yang mengeluhkan bahwa obat-obatan tersebut hanya membantu dalam jangka pendek/sementara waktu saja. Karena ketika tidak mengkonsumsi obat atau jika obatnya habis, maka gejala rhinitis seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, dan hidung meler bisa datang kembali.

Selain di picu oleh suhu dingin lingkungan, bersin-bersin karena rhinitis juga bisa terjadi pada Ibu hamil. Saat wanita hamil, umumnya mereka akan mengalami perubahan hormon yang bisa meningkatkan tekanan darah dan bisa menyebabkan pembuluh darah di hidung melebar/mengembang secara sementara dan mengakibatkan hidung tersumbat.
Tips:

Jika Anda sering bersin-bersin karena suhu dingin, sering bersin-bersin di pagi hari atau saat malam hari, atau juga suka bersin-bersin saat setelah bangun tidur, saya sarankan Anda membaca e-book mengatasi bersin.

Dulu saya sering sekali bersin-bersin setiap selesai mandi atau setelah terkena yang dingin-dingin, sempat ke dokter juga dan di vonis menderita gejala rhinitis. Semua obat yang disarankan oleh dokter sudah saya gunakan tapi tidak sembuh-sembuh juga.

Kemudian saya pun mencoba mengikuti tips-tips dan saran-saran yang ada dalam ebook mengatasi bersin secara teratur. Lalu setelah beberapa minggu mengikuti panduannya, akhirnya saya semakin kebal dengan suhu dingin dan boleh dikatakan sembuh 99%, karena sekarang saya sudah tidak suka bersin-bersin lagi jika terkena dingin. Hidup saya rasanya jadi lebih fit dan lebih percaya diri.

Jadi, jika Anda suka bersin-bersin terus menerus hampir tiap hari, saya sarankan Anda membaca e-book tersebut, karena selain harganya sangat murah, isinya pun sangat informatif dan pastinya sangat bermanfaat. Good luck! ^_^

24 comments:

  1. Kalo saya suka bersin-bersinnya saat nginjak lantai yang dingin atau setelah mandi air dingin di pagi hari.

    ReplyDelete
  2. Sama nih, tiap kena udara dingin di pagi hari suka gampang banget pilek dan bersin-bersin, padahal dulu ngga..
    by the way makasih infonya ya..

    ReplyDelete
  3. Wah saya pikir karena bulu kucing atau debu. Tapi bersin2 dan pilek berat nya selalu terjadi di bangun tidur, subuh, dan malem plus kalau kena ac. Ternyata rhinitis ya

    ReplyDelete
  4. Iya, tepatnya itu merupakan gejala dari penyakit rinitis vasomotor.

    ReplyDelete
  5. Thanks atas infonya.

    ReplyDelete
  6. Saya sering sekali bersin2 pas bangun tdur atau setelah mandi pagi..kdg terlalu lama di ruangin ber ac jg begitu apalagi kalau sudah cuaca dingin.dari bersin2 akhirnya flu.. jadi itu gejala rhinitis yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kemungkinan besar Anda menderita Rhinitis Vasomotor.

      Delete
  7. terimakasih infonya,,
    sangat menarik dan bermanfaat,,

    ReplyDelete
  8. Thanx infonya gan, males banget ana bersin2 mulu kek ngga ada kerjaan lain.. haha

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas infonya, bermanfaat skli. Smua yg di tulis terjwab sudah yg slama ini sya deritakan. :( thanks a lot guys ;)

    ReplyDelete
  10. Beberapa hari ini saya kalo bangun tidur bersin" juga, kalo udah aktifitas udah gak bersin lagi, tapi hidungnya meler.. ini gejala juga gak ya?

    ReplyDelete
  11. kalo idung slalu mampet tpi ga bersin2 kcuali hidung di kucek tpi idung pasti mampet stiap di tmpt dingin gmna tu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika hanya hidung mampet biasanya itu belum parah, atau hanya karena suhu dingin saja.

      Tapi jika hidung anda mampet, meler ingus bening, dan gampang bersin berkali-kali, dan penyebab/pemicunya adalah udara dingin di pagi hari, maka kemungkinan menderita Rinitis Vasomotor.

      Delete
  12. Wahh bukan alergi yaa..
    Saya jg tiap diruangan berAC spt ini. Dan kalau menjelang subuh. Jam 2 atau 3 pagi yang tiba2 tersadar dr tidur pasti bersin2 gak karuan. Dan banyak ingus :(
    Mengganggu pastinya.
    Tapi kalo pagi jam 7 kena matahari pagi bersin2 dan ingus hilang sendiri.
    Dan ini udah terjadi terjadi tiap hari selama 4bulan terakhir ini.
    Cape :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang seperti itu gejalanya.

      Delete
  13. kalau sudah bersin capenya luar biasa...bisa sehari semalam, capeeee :(

    ReplyDelete
  14. bikin gak fokus kerja, ganggu baget....:(

    ReplyDelete
  15. ternyata banyak ya yg punya penyakit kayak gini
    merasa sangat terganggu dengan keaadaan dingin, apalagi klw musin hujan,,,
    thx infonya

    ReplyDelete
  16. Bersin2 dipagi hari,sore n malam hari dsertai ingus bening,dan saat berada dkt kipas angin dan farfum apakah itu juga gejalanya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, benar, itu adalah beberapa gejala umum dari penyakit tersebut.

      Delete
  17. Bang kalo saya pas bangun tidur mau makan sahur,terus saya cuci muka nah Tiba tiba hidung saya kaya tersumbat kemudian keluar cairan bening. Apakah itu merupakan gejala juga ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, betul, itu asalah salah satu gejalanya.

      Delete